Skip to content
Home ยป Inilah Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat, Ibu Hamil Harus Tahu!

Inilah Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat, Ibu Hamil Harus Tahu!

  • by

Salah satu tanda-tanda persalinan sudah dekat yang paling umum diketahui adalah munculnya kontraksi. Makin mendekati persalinan, kontraksi akan makin muncul konsisten dan jaraknya makin dekat.

Namun tahukah Kamu bahwa kontraksi bukanlah satu-satunya tanda-tanda persalinan sudah dekat?

Yuk, terus simak artikel ini untuk tahu apa saja tanda-tanda persalinan sudah dekat.

Sebagai sebuah proses ajaib yang terjadi pada tubuh perempuan, kehamilan dan persalinan memang selalu disertai dengan adanya perubahan-perubahan atau tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh seorang ibu.

Perubahan atau penyesuaian tubuh ibu ini tentu saja berfungsi dan bertujuan untuk mengakomodasi proses kehamilan serta melahirkan bayi.

Berikut adalah tanda-tanda persalinan tinggal menghitung hari yang hendaknya harus diketahui oleh ibu hamil:

1. Sulit untuk tidur

Sulit tidur memang merupakan salah satu keluhan paling umum pada ibu hamil. Hal ini disebabkan arena selama hamil, tubuh seorang ibu mengalami banyak perubahan baik secara hormon, fisik, maupun dalam mood atau perasaan.

Namun susah tidur saat hamil tua bisa jadi merupakan pertanda bahwa persalinan sudah dekat. Gerakan bayi yang mulai memasuki panggul dapat membuat ibu merasa tidak nyaman saat berbaring sehingga menjadi susah tidur.

2. Sering buang air kecil

Posisi bayi saat mendekati proses persalinan adalah masuk ke dalam panggul ibu atau disebut dengan posisi relaksasi. Posisi bayi yang seperti ini menyebabkan rahim menekan kandung kemih sehingga menjadi penyebab ibu hamil sering buang air kecil pada masa-masa akhir kehamilan atau menjelang persalinan.

3. Munculnya kontraksi dengan interval lebih sering

Seperti yang telah banyak diketahui, kontraksi yang muncul makin sering dan teratur adalah salah satu ciri persalinan sudah dekat.

4. Punggung terasa sakit

Punggung sakit saat hamil 9 bulan atau kehamilan tua biasanya disebabkan oleh bayi yang telah berada pada posisi berbaring dan masuk ke dalam panggul ibu. Posis tersebut menyebabkan bayi menekan tulang punggung ibu.

Selain itu, munculnya kontraksi dan perut yang mengencang juga menyebabkan sakit punggung bagian bawah seta pinggang bagi ibu.

5. Bernapas terasa lebih lega dan mudah

Pada saat mendekati proses persalinan, posisi bayi sudah mulai turun ke dalam panggul ibu. Posisi ini menyebabkan bayi tidak lagi menekan diafragma ibu dan menyebabkan ibu menjadi lebih mudah dan lega dalam bernapas.

6. Temperatur tubuh berubah

Perubahan temperatur tubuh juga merupakan salah satu ciri persalinan sudah makin dekat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil.

Ibu hamil mungkin akan merasakan kedinginan meskipun lingkungannya panas.

7. Keluar lendir dan darah dari vagina

Mendekati persalinan, ibu hamil kadang mengalami keluarnya lendir yang kadang bercampur sedikit darah dari vagina. Lendir ini memang biasanya menutupi leher rahim dan akan meluruh saat persalinan makin dekat.

Lendir yang keluar kadang bisa berwarna bening dan kental sehingga sering disebut keputihan tanda persalinan sudah dekat. Namun kadang bisa juga disertai dengan sedikit darah. Lendir ini bisa kecual sedikit demi sedikit maupun secara sekaligus.

8. Rahim mulai terbuka

Tanda utama bahwa ibu siap untuk bersalin adalah posisi rahim yang mulai terbuka. Pembukaan pada rahim ini terjadi secara bertaha mulai dari bukaan 1 hingga bukaan lengkap. Pembukaan rahim bisa dicek oleh dokter kandungan atau bidan.

9. Air ketuban pecah

Dan ciri terakhir dari persalinan yang sudah dekat adalah pecahnya air ketuban. Jika ketuban sudah pecah maka ibu memang sudah saatnya dan harus melahirkan.Jika kesemua tanda-tanda persalinan sudah dekat di atas sudah mulai muncul dan dirasakan, maka sebaiknya ibu dan ayah segera menghubungi dokter atau pergi ke rumah sakit untuk persiapan persalinan. Jangan lupa juga untuk selalu berjaga-jaga dengan mempersiapkan tas yang berisi kebutuhan pasca persalinan bagi ibu dan bayi yang baru lahir.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *